Please Read This!

Thnx for visiting my blog, mohon maaf kalau disana-sini masih terdapat kekurangan. Dan untuk memperbaiki blog ini kedepanya, maka saya memindahkanya ke alamat baru di www.al-mansur.info, saran dan kritikan konstruktif sangat saya nantikan demi kebaikan kedepan. Thnx and happy blogging! www.al-mansur.info

Tips Efektif Melamar Pekerjaan

Hi there..! How you doin guys? Hope you always fine yea…! Ok, setelah beberapa hari gak posting or malah sebenernya uda lama banget blog ini aku cuekin, finally muncul lagi spirit buat ngurusin blog ini. Hehe…:-P

Ok dee…, kali ini aku punya beberapa tips yg aku ambil dari beberapa sumber and pengalaman sendiri yang mungkin saja bermanfaat buat temen-temen yang lagi nyari-nyari kerjaan baru or maybe looking for d’first job. So, just check this out , various tips untuk melamar pekerjaan:

Fase I: Hunting for d'job
  1. Selain mengumpulkan informasi lowongan pekerjaan dari surat kabar, submit juga CV kamu di online job portal seperti jobsdb, jobstreet or karir.com.
  2. Manfaatkan search engine untuk mencari informasi lowongan yang banyak sekali beredar di dunia maya, gunakan keyword spesifik, misalnya “lowongan indosat” dll untuk mendapatkan informasi sesuai dengan apa yang kamu inginkan.
  3. Bergabunglah dengan mailinglist lowongan kerja, HRD or lembaga recruitment di yahoo atau google groups, such as "persiapan-seleksi" groups.
  4. Sering-seringlah berkunjung ke situs lembaga reqruitment bonafid semisal experd, ppm rekrutmen, iconwork dll. Biasanya perusahaan-perusahaan kelas atas banyak memanfaatkan jasa lembaga tersebut dan memposting info lowongan kerja di sini.
  5. Manfaatkan social networks, baik teman saudara, kenalan baru or apa saja untuk mengumpulkan informasi lowongan kerja yang kamu butuhkan.
Fase II: Applying for d'job

Ok, setalah masa pencarian informasi selesai, next step yang harus dilakukan adalah:
  1. Lamar pekerjaan yang kamu minati dan yakin mampu melaksanakan pekerjaan itu. Its mean kamu harus punya bekal knowledge atau skill yang berkaitan dengan pekerjaan yang kamu lamar itu. Gak lucu chan klo tar pas interview kita malah “dong-dong” saat ditanyain ma HRD.
  2. Buatlah surat lamaran yang terkesan individual/personal, khusus untuk perusahaan yang dimaksud jangan membuat surat lamaran yang sudah diformat secara standard atau copas mentah-mentah dari buku.
  3. Usahakan surat lamaran singkat (maksimal hanya satu halaman), faktual dan menarik dengan bahasa yang jelas dan penampilan yang rapi (suggestion: ketik pake computer ja and print pake kertas ukuran quarto), lebih bagus lagi kalau ditujukan kepada seseorang tertentu (nama dan/atau jabatan yang spesifik).
  4. Resume/CV sebaiknya memberi detil tentang dirimu mencakup latar belakang pendidikan, skills, pengalaman kerja (buat yang uda punya experience, baik full-time, part-time atau free lance yg menunjukkan kompetensi kamu untuk melakukan suatu pekerjaan). Yang tidak kalah penting adalah info tentang aktivitas (organisasi, masyarakat, olah raga, dsb) dan prestasi-prestasi disekolah maupun luar sekolah yang pernah kamu raih. Ciri CV yang baik adalah: rapi, simpel, jujur dan akurat. Sebaiknya bersih dan disusun agar penyampaian informasi menarik dan mudah dibaca. Berilah margin pada semua sisi CV sebesar 1" (minimal 1/2" kalau kamu kekurangan space buat ngisi informasi tentang diri kamu) and always gunakan kertas dan tinta yang sama dengan surat lamaran kamu.
  5. Check and re-chek CV kamu, make sure gak ada kesalahan tipografis, tata bahasa/grammar, bahasa yang diulang-ulang/repetitif, layout yang kurang rapi (miring atau tidak lurus) ataupun kesalahan lain. Sebuah kesalahan kecil dlm ejaan saja bisa memberikan kesan kurang positif dalam ketelitian dimata HRD. Remember bro, reqruitment adalah masa pertarungan antar ratusan bahkan ribuan pencari kerja, so wajar klo company selalu mencari yang terbaik sehingga kesalahan kecilpun dapat menjadi pertimbangan untuk memilih calon karyawan yang terbaik.
Fase III adalah preparation buat interview, apa aja yang harus dipersiapkan biar gak nervous and dapat memberi jawaban smart menanggapi semua pertanyaan HRD yang ‘menjebak’ atau bahkan persiapan buat adu argument dengan para interviewer. Semua itu bakal kita bahas tuntas, tapee...on d’next post yea… InsyaAllah besok kita lanjutin, hehe…uda ngantuk. Hope it useful!

0 Responses to "Tips Efektif Melamar Pekerjaan"

Post a Comment