Please Read This!

Thnx for visiting my blog, mohon maaf kalau disana-sini masih terdapat kekurangan. Dan untuk memperbaiki blog ini kedepanya, maka saya memindahkanya ke alamat baru di www.al-mansur.info, saran dan kritikan konstruktif sangat saya nantikan demi kebaikan kedepan. Thnx and happy blogging! www.al-mansur.info

"Fitna The Movie" Cara Bodoh Memfitnah Kaum Muslim

Fitna, mungkin inilah salah satu judul film paling terkenal didunia minggu-minggu terakhir ini. Bukan film berbiaya miliaran dollar produksi Warner Bross atau Universal Studios Holywood, bukan pula film buah karya tangan dingin Steven Spielberg ataupun Michael Bay, melainkan film karya pemimpin Partai untuk Kebebasan PVV Belanda Geert Wilders. Fitna adalah film yang bercerita tentang bagaimana ayat-ayat Alqur'an mengajarkan kepada kaum muslim untuk bersikap sangat keras dan memusuhi golongan non-muslim.

Fitna menampilkan gambar serangan di 11 September di WTC New York, serangan di Madrid dan London dan disajikan dengan penerjemahan ayat-ayat Al-Qur'an yang tentu saja terpotong-potong artinya, sehingga mengaburkan pemahaman tentang maksud dan tujuan ayat itu diturunkan. Secara umum film ini sangat mendiskreditkan, menghina, melecehkan dan memprovokasi kaum muslim di dunia, bahkan yang paling parah, seperti dikutip dari antara adalah adegan di akhir film yang memperlihatkan sebuah tangan mencabik satu halaman Al-Qur'an serta pemunculan gambar kartun Nabi Muhammad SAW dengan surban berbentuk bom di kepala yang bersumber dari kartun Jyllands-Posten dan beberapa detik kemudian disugestikan bahwa bom itu meledak.

Setelah penyiaran Fitna di situs liveleak.com seketika itu juga dunia merespon dengan keras, terutama kaum muslim. Dikutip dari detik, setelah resmi disiarkan jum'at (28/3/2008) dinihari WIB situs liveleak.com mengumumkan bahwa situs mengalami masalah karena menjadi targeted hacking attacks, informasi lebih jelas mengenai masalah gempuran hacker terhadap liveleak dapat di lihat disini.

Dijelaskan juga oleh media group terbesar di Belanda De Telegraaf, Risiko seperti inilah antara lain yang menyebabkan provider lokal Belanda tidak mau menjadi host untuk penyiaran Fitna. Sebelumnya provider Amerika, Network Solutions (NS), memutuskan menutup situs web Fitna (fitnathemovie.com) karena menerima banyak keluhan mengenai rencana penyiaran film yang melecehkan agama dan penganut Islam tersebut.

Reaksi keras juga muncul dari sekjen PBB, Uni Eropa, pemerintah Belanda sendiri dan tentu saja negara-negara muslim di dunia termasuk indonesia. DPR juga menyatakan "Perlu tindakan nyata untuk menghentikan film "Fitna" di Internet". Pertanyaannya selanjutnya adalah apa yang sebaiknya kita lakukan, sebagai kaum muslim untuk menyikapi masalah ini? Amarah dan kebencian adalah hal lumrah sebagai reaksi atas perlakuan yang sangat menyakiti hati kita, semua itu boleh dan sah-sah saja, hanya hal itu justru akan merugikan kita jika kita tidak mampu mengontrol emosi dan terpancing untuk melakukan reaksi terhadap Fitna secara berlebihan. Jika itu terjadi, yang paling dirugikan adalah image dari Islam itu sendiri. Reaksi berlebihan yang menjurus terhadap anarkisme justru membenarkan teori dan persepsi Wilders dalam memandang Islam.

Tindakan paling ideal yang harus kita lakukan sebagai kaum muslim, khususnya generasi muda muslim untuk men-counter serangan tersebut adalah dengan melakukan counter attact secara smart dan efektif. Salah satunya adalah penyebaran informasi yang sejelas-jelasnya keseluruh dunia tentang apa dan bagaimana sebenarnya ajaran Islam. Mengapa aku memilih judul "Fitna The Movie" Cara Bodoh Memfitnah Kaum Muslim, tidak lain karena kekurang jelian Wilders dalam menganalisa kapan moment paling tepat dalam melakukan serangan terhadap kaum muslim untuk memenuhi agenda-agenda politiknya. Kesaktian internet saat ini yang tidak mengenal batasan geografis memang sangat efektif dalam hal kecepatan delivery informasi, namun hal ini juga dapat menjadi bumerang bagi Wilders ketika pihak terserang, dalam hal ini kaum muslim melakukan counter attact dengan kecepatan dan keleluasaan yang sama dalam penyampaian informasi.

Kemampuan internet yang memberikan keleluasaan bagi masyarakat mengakses ribuan referensi tentang sebuah issue kontroversial dan kondisi sebagian besar masyarakat dunia yang sudah well education, tidak akan serta merta menelan semua informasi yang didapatnya (apalagi jika terlihat sangat kontroversial) tanpa melakukan filter dan kroscek kebenaran informasi tersebut. Jika masyarakat saat ini cukup pintar, maka manufer kontroversial yang dilakukan Wildert justru dapat menjatuhkan image dan kredibilitas dia sebagai seorang politisi yang menghalalkan segala cara tanpa didukung data-data valid, melainkan hanya bersumber kepada asumsi pribadi.


Menanggapi manufer semacam itu, sebagai bangsa yang bermartabat kita idealnya melakukan hal-hal yang bijaksana dalam melakukan serangan balasan. Reaktif boleh dan sangat wajar, tapi tetap menjaga emosi dan berfikir kreatif mencari cara bagaimana menyebarkan informasi sebagai klarifikasi dan menunjukkan bagaimana islam sebenarnya.

Bagi blogger seperti saya, persepsi dan pemikiran dalam menyikapi issue seperti ini dapat dituangkan dalam media blog dan disebarkan seluruh dunia. Atau mungkin contoh lain yang dilakukan anak bangsa ini dalam mengkomunikasikan jati diri Islam dapat dilihat dari karya Hanung Bramantyo dan Habiburrahman El Shirazy yang mengangkat isu percintaan, poligami dari perspektif islam sebenarnya dalam film Ayat-Ayat Cinta. Intinya lakukan apapun yang dapat anda lakukan sesuai dengan kapasitas dan kemampuan kita.

Salah satu ciri masyarakat maju dan smart adalah kemampuan me-manage emosi yang baik (selain indikator-indikator yang lain tentu saja). Bukankah kita sudah cukup reaktif menyikapi masalah Fitna, sampai presiden SBY secara resmi mencekal Wilders masuk ke Indonesia. Ormas dan lembaga-lembaga agama di Indonesia dan di dunia pun sudah menunjukkan reaksinya, justru kalau kita sebagai generasi muslim gampang terprovokasi, itu berarti kita memndukung musuh-musuh kita mencapai tujuanya.


Sekali lagi kita tidak perlu over reaktif menyikapi masalah fitna karena sebenarnya isu pendiskreditan Muslim bukanlah isu yang baru. Banyak film-film Holywood yang secara implisit juga mendiskreditkan kaum Muslim. Film The Kingdom misalnya, film yang dibintangi oleh Jamie Fox yang berperan sebagai agen FBI yang menyelidiki masalah terorisme yang selalu di identikkan dengan Islam. Selain itu ada 300 yang menggambarkan raja persia sebagai tokoh yang sangat bengis, kejam dan jahat atau bahkan Stealth dimana salah satu terorisnya bernama Mansur Ali Khan (hampir sama dengan namaku :)) dan masih banyak lagi. Tujuan yang ingin saya capai dalam penulisan artikel ini adalah ajakan kepada saudara muslim dan juga teman-teman non muslim lainya untuk selalu berfikir cerdas dalam menyikapi sebuah issue besar dengan selalu menerapkan filterisasi dan mencari referensi-referensi validitas sebuah informasi apakah layak untuk dicerna atau tidak. Itu menurut persepsi pribadi saya, bagaimana dengan anda?

Sonyericsson Z555i

Setelah Nokia hadir dengan 7900 Prism terbarunya, rupanya Sonyericsson juga nggak mau ketinggalan dengan kompetitor terkuatnya itu. Sama-sama terinspirasi dari desain berlian, SE hadir dengan produk terbarunya SE Z555i yang berdisain unik dengan tampilan berpola intan yang berkilau serta detil yang anggun. Kalau 7900 prism berbekal kamera 2 MP dan teknologi 3G, Z55i justru hadir dengan hanya menyuguhkan kamera berkemampuan 1,3 MP dan teknologi EDGE/GSM/GPRS 900/1800/1900.

Namun jangan berkecil hati dulu, jika kamu sudah keburu jatuh cinta pada gadget satu ini. Z555i dilengkapi dengan teknologi gesture control yang memungkinkan kita hanya melambaikan tangan saat ada panggilan masuk. Selain fitur-fitur multimedia khas SE, berbagai fitur baru juga hadir pada ponsel SE terbaru ini. Hadir dengan pilihan warna Diamond Black dan Dustd Rose, SE juga menyediakan tiga pilihan headset bluetooth. So, mo pilih mana Z555i or 7900 Prism? Semua berpulang pada ketersediaan dana dan kesesuain dengan kebutuhan kamu. Be smart before you buy!

Value for Money Notebook

Demam gaya hidup mobile, semakin kencang melanda indonesia. Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia merilis data bahwa pengguna internet indonesia pada tahun 2007 meningkat 39% menjadi sekitar 25 juta, dari sebelumnya 18 juta pada tahun 2006. Peningkatan rata-rata pertahun adalah 25%-40%. Dengan perkembangan sebesar ini, terbuka besar sekali kesempatan bagi perusahaan-perusahaan penyedia jasa akses internet maupun manufaktur produsen peralatan penunjang gaya hidup mobile untuk meraih hati konsumen potensial dan menciptakan produk-produknya terbarunya di masa mendatang.

Sebagai respon pergerakan pasar yang bagus dan peningkatan daya beli masyarakat yang semakin membaik, beberapa waktu lalu tiga vendor produsen perangkat komputer bergerak me-lounch produk terbaru mereka ke pasar tanah air. Ada Asus dengan produk notebook terbarunya Eee, Intel dengan dua varian laptop berbiaya rendah netbook dan nettop, dan terakhir pemain lokal Zyrex yang meluncurkan dua varian laptop berharga hemat Anoa dan Ubud.

Untuk menjawab pertanyaan dari judul artikel ini, lets take a brief overview tentang spesifikasi masing-masing produk.

Asus Eee

Lahir dari sebuah vendor perangkat keras komputer kenamaan, Eee hadir sebagai pilihan baru bagi masyarakat yang mendambakan sebuah perangkat mobile, berkemampuan internet dengan harga terjangkau. Harga perkiraan awal sebelum Eee resmi diluncurkan adalah $200 atau sekitar Rp. 1,8 juta-an. Namun ternyata harga dipasaran naik menjadi Rp. 3,6 juta untuk varian ber-OS:Linux dan Rp. 3,9 juta untuk OS XP Home, ini adalah harga subsidi 50% untuk XP Home dari Microsoft.

Eee hadir mengusung layar LCD 7 inci, memori DDR 512 Mb, loker penyimpanan 4 Gb, baterai 5.200 mAh dengan kemampuan bertahan 3,5 jam, dilengkapi dengan webcam plus Wi-Fi. Menurut pihak Asus Indonesia, notebook dengan berat 0,9 kg ini berdisain tahan bantingan karena perangkat penyimpanan berjenis chip sebagaimana flashdisk, tidak menggunakan hardisk cakram.

Intel Corporations: Netbook dan Nettop

Menurut Manager Country Intel Indonesia Budi Wahyu Jati, peluncuran dua platform notebook berbiaya rendah ini adalah wujud kontribusi intel yang bertujuan memajukan industri lokal dengan menjalin kerjasama dengan produsen lokal Zyrex dan Axio, serta mencapai cita-cita 'satu orang, satu komputer'. Perusahaan mikrochip ini sekaligus juga memperkenalkan satu produknya yang sudah ada di pasaran yaitu Intel Power Classmate PC.

Target market dari Classmate adalah generasi muda, pelajar dan first user yang membutuhkan perangkat untuk akses dan komunikasi internet maupun untuk menjalankan aplikasi yang memerlukan power rendah. Classmate dibekali processor mobile celeron. Processor ini hemat daya, oleh sebab itu komponen tidak mudah panas sehingga tidak butuh pendingin khusus. Selain harganya terjangkau, Classmate PC juga berdaya tahan kuat. Apalagi, karena awalnya didesain khusus untuk anak-anak, produk ini dibuat kuat dan tahan benturan. Karena media penyimpannya menggunakan flash drive, bukan hardisk, sama seperti Eee.

Zyrex Anoa dan Ubud

Seperti temen-temen semua tahu, Zyrex adalah vendor lokal yang sedang naik daun di pasar notebook tanah air. Tahun lalu Zyrex mengalami peningkatan keuntungan sebesar 30 %, ini menunjukkan perusahaan ini sedang tancap gas memperluas penetrasi produk-produknya di pasaran.

Kali ini Zyrex hadir dengan produk terbarunya Anoa dan Ubud. Anoa diciptakan untuk menyasar first user dan pelajar-pelajar SMP maupun SMA. Dengan berbekal layar 7 inci dan NandFlash 2GB, customer membutuhkan kocek sebesar Rp. 3 juta untuk menebusnya. Menurut Timothy Siddik, Presdir PT. Zyrexindo Mandiri Buana (ZMB) saat peluncuran Anoa 21 Februari lalu, pada waktu mendatang harga tersebut akan ditekan menjadi Rp. 2 juta agar lebih terjangkau bagi sebagian besar masyarakat.

Kalau target market Anoa adalah generasi pemula, Ubud hadir untuk memenuhi kebutuhan profesional, produk ini ditujukan buat profesional muda yang gemar travelling dan mobile. Ubud dibekali dengan layar 7 inci, memori 1 Gb RAM, hardisk 30 Gb, webcam dan Wi-Fi.

Conclution

Walaupun dengan harga yang relatif murah, Secara umum produk-produk yang di tawarkan vendor-vendor diatas tidak tergolong murahan, karena harga yang ditawarkan sesuai dengan spesifikasi dan kemampuan calon penggunanya. Produk ini lebih tepat jika dikatakan 'Value for Money product' karena harga jual berbanding lurus dengan kemampuan dan spesifikasi yang sesuai untuk memenuhi kebutuhan dari masing-masing target market yang dituju.

April Gadget: Byon M30F N/S

Masih melanjutkan artikel kemaren, artikel ini bertujuan membantu temen-temen yg lagi hunting notebook baru, semoga artikel ini bermanfaat for you guys! Kita bakal me-review beberapa brand notebook terbaru yang saling berlomba menawarkan fitur dan performa terbaik.

Setelah sebelumnya membahas Lenovo-nya IBM, sekarang giliran vendor dalam negeri yang mengusung konsep Common Building Block (CBB) whic is Byon. Dengan produk terbarunya M30F N/S, Byon hadir dengan penyempurnaan kemewahan fitur dan peningkatan performa lewat prosesor Intel Core Centrino Duo, FSB 800MHz dan Chipset 965PM dan mampu di upgrade hingga Intel Core 2 Extreme X7900 2,8GHz dan dilengkapi dengan graphic card Nividia Geforce 8400M-GS 256 MB.

Fitur-fitur yang di tawarkan Byon seri terbaru ini, diantaranya: Trust Platform Module, Finger Print, Power USB, Smart Battery dan Webcam CMOS 2 Mega Pixel. Adapun sistem operasi yang dipercaya meng-handle operasional notebook ini adalah Window Vista. Untuk memilik gadget canggih ini, temen-temen harus nyiapin dana sebesar $2.189. www.byon.co.id

Nokia 7900 Prism

Sesuai namanya, Nokia 7900 hadir dengan desain potongan berlian dan tombol utama yang terbuat dari kristal. Desain ini adalah hasil rancangan Frederique Daubal, desainer bertangan dingin yang mampu melahirkan desain gadget mempesona. Kemewahan 7900 semakin dilengkapi dengan desain grafis hasil ukiran laser yang fantastis, walpapers unik dan aksesori esklusif.

Koleksi terbaru vendor asal Finlandia ini merupakan perpaduan antara desain spesial dan kecanggihan teknologi nokia yang terwakili lewat layar OLED nan menarik. Dibekali kamera 2 MP, memori 1 Gb dan jaringan 3G untuk akses data, Nokia 7900 hadir bagi pecinta gadget yang stylish, fashionable serta canggih untuk berselancar di dunia maya. Selain aplikasi Music Player yang dibenamkan di dalamnya, ponsel ini juga memiliki 49 tampilahan warna cahaya berbeda pada keypadnya. Ditawarkan dengan bandrol $578, Nokia 7900 Prism Crystal hadir menantang kita untuk memilikinya. Bagaimana, kamu ingin memilikinya?