Please Read This!

Thnx for visiting my blog, mohon maaf kalau disana-sini masih terdapat kekurangan. Dan untuk memperbaiki blog ini kedepanya, maka saya memindahkanya ke alamat baru di www.al-mansur.info, saran dan kritikan konstruktif sangat saya nantikan demi kebaikan kedepan. Thnx and happy blogging! www.al-mansur.info

April Gadget: Lenovo ThinkPad X300


Lenovo kembali merilis notebook ThinkPad seri terbarunya X300 yang di disain bagi para warrior travels. Tampli ramping, ringan dan sarat fungsi, inilah notebook ultraportable ThinkPad X300. Dilengkapi dengan teknologi terkini seperti solid-state drive storage, LED back light display, wireless connectivity dan baterai dengan daya tahan lama. Dengan ketebalan 19mm dan bobot 1,33 kg, ThinkPad X300 cocok bagi pecinta komputasi mobile.

Menilik ke bagian hardware, notebook ini di lengkapi dengan prosesor Intel Centrino dengan teknologi vPro, memory 4 Gb dan teknologi Lenovo's Think Vantage. LED display mempunyai tingkat efisisensi energi yang baik, dan menjadikan X300 35% lebih hemat mengkonsumsi energi dibanding model sebelumnya. ThinkPad X300 ditawarkan dengan harga $.2000, lebih murah $189 di bandingkan Byon M30F N/S.


Make Your Move!

Hi bro, nech ada sedikit oleh-oleh inspiring article dari temenku. Ditulis oleh Dr. Rhenald Kasali, bercerita tentang "moving". Semoga bermanfaat!

“Sebagian besar orang yang melihat belum tentu bergerak, dan yang bergerak belum tentu menyelesaikan (perubahan).”

Kalimat ini mungkin sudah pernah Anda baca dalam buku baru Saya, “Change“. Minggu lalu, dalam sebuah seminar yang diselenggarakan Indosat, iseng-iseng Saya mengeluarkan dua lembaran Rp 50.000. Di tengah-tengah ratusan orang yang tengah menyimak isi buku, Saya tawarkan uang itu. “Silahkan, siapa yang mau boleh ambil,” ujar Saya. Saya menunduk ke bawah menghindari tatapan ke muka audiens sambil menjulurkan uang Rp 100.000.

Seperti yang Saya duga, hampir semua audiens hanya diam terkesima. Saya ulangi kalimat Saya beberapa kali dengan mimik muka yang lebih serius. Beberapa orang tampak tersenyum, ada yang mulai menarik badannya dari sandaran kursi, yang lain lagi menendang kaki temannya. Seorang ibu menyuruh temannya maju, tetapi mereka semua tak bergerak.

Belakangan, dua orang pria maju ke depan sambil celingak-celinguk. Orang yang maju dari sisi sebelah kanan mulanya bergerak cepat, tapi ia segera menghentikan langkahnya dan termangu, begitu melihat seseorang dari sisi sebelah kiri lebih cepat ke depan. Ia lalu kembali ke kursinya.

Sekarang hanya tinggal satu orang saja yang sudah berada di depan Saya. Gerakannya begitu cepat, tapi tangannya berhenti manakala uang itu disentuhnya. Saya dapat merasakan tarikan uang yang dilakukan dengan keragu-raguan. Semua audiens tertegun.

Saya ulangi pesan Saya, “Silahkan ambil, silahkan ambil.”
Ia menatap wajah Saya, dan Saya pun menatapnya dengan wajah lucu.
Audiens tertawa melihat keberanian anak muda itu.
Saya ulangi lagi kalimat Saya, dan Ia pun merampas uang kertas itu dari tangan Saya dan kembali ke kursinya. Semua audiens tertawa terbahak-bahak.
Seseorang lalu berteriak, “Kembalikan, kembalikan!”
Saya mengatakan, “Tidak usah. Uang itu sudah menjadi miliknya.”

Setidaknya, dengan permainan itu seseorang telah menjadi lebih kaya Rp.100.000. Saya tanya kepada mereka, mengapa hampir semua diam, tak bergerak. Bukankah uang yang Saya sodorkan tadi adalah sebuah kesempatan? Mereka pun menjawab dengan berbagai alasan:

“Saya pikir Bapak cuma main-main …………”
“Nanti uangnya toh diambil lagi.”
“Malu-maluin aja.”
“Saya tidak mau kelihatan nafsu. Kita harus tetap terlihat cool!”
“Saya enggak yakin bapak benar-benar akan memberikan uang itu..”
“Pasti ada orang lain yang lebih membutuhkannya….”
“Saya harus tunggu dulu instruksi yang lebih jelas…..”
“Saya takut salah, nanti cuma jadi tertawaan doang….”
“Saya, kan duduk jauh di belakang…”
dan seterusnya.

Saya jelaskan bahwa jawaban mereka sama persis dengan tindakan mereka sehari-hari. Hampir setiap saat kita dilewati oleh rangkaian opportunity (kesempatan), tetapi kesempatan itu dibiarkan pergi begitu saja. Kita tidak menyambarnya, padahal kita ingin agar hidup kita berubah.

Saya jadi ingat dengan ucapan seorang teman yang dirawat di sebuah rumah sakit jiwa di daerah Parung. Ia tampak begitu senang saat Saya dan keluarga membesuknya. Sedih melihat seorang sarjana yang punya masa depan baik terkerangkeng dalam jeruji rumah sakit bersama orang-orang tidak waras. Saya sampai tidak percaya ia berada di situ. Dibandingkan teman-temannya, ia adalah pasien yang paling waras.

Ia bisa menilai “gila” nya orang disana satu persatu dan berbicara waras dengan Saya. Cuma, matanya memang tampak agak merah. Waktu Saya tanya apakah ia merasasama dengan mereka, ia pun protes. “Gila aja….ini kan gara-gara saudara-saudara Saya tidak mau mengurus Saya. Saya ini tidak gila. Mereka itu semua sakit…..”. Lantas, apa yang kamu maksud ’sakit’?”

“Orang ’sakit’ (gila) itu selalu berorientasi ke masa lalu, sedangkan Saya selalu berpikir ke depan. Yang gila itu adalah yang selalu mengharapkan perubahan, sementara melakukan hal yang sama dari hari ke hari…..,” katanya penuh semangat. Saya pun mengangguk-angguk.

Pembaca, di dalam bisnis, gagasan, pendidikan, pemerintahan dan sebagainya, Saya kira kita semua menghadapi masalah yang sama. Mungkin benar kata teman Saya tadi, kita semua mengharapkan perubahan, tapi kita tak tahu harus mulai dari mana. Akibatnya kita semua hanya melakukan hal yang sama dari hari ke hari. Jadi omong kosong perubahan akan datang. Perubahan hanya bisa datang kalau orang-orang mau bergerak bukan hanya dengan omongan saja.

Dulu, menjelang Soeharto turun orang-orang sudah gelisah, tapi tak banyak yang berani bergerak. Tetapi sekali bergerak, perubahan seperti menjadi tak terkendali, dan perubahan yang tak terkendali bisa menghancurkan misi perubahan itu sendiri, yaitu perubahan yang menjadikan hidup lebih baik. Perubahan akan gagal kalau pemimpin-pemimpinnya hanya berwacana saja. Wacana yang kosong akan destruktif.

Manajemen tentu berkepentingan terhadap bagaimana menggerakkan orang-orang yang tidak cuma sekedar berfikir, tetapi berinisiatif, bergerak, memulai, dan seterusnya.

Get Started. Get into the game. Get into the playing field, Now. Just do it!.

Janganlah mereka dimusuhi, jangan inisiatif mereka dibunuh oleh orang-orang yang bermental birokratik yang bisanya cuma bicara di dalam rapat dan cuma membuat peraturan saja. Makanya tranformasi harus bersifat kultural, tidak cukup sekedar struktural.

Seperti kata Jack Canfield, yang menulis buku Chicken Soup for the Soul, yang membedakan antara winners dengan losers adalah “Winners take action, they simply get up and do what has to be done”. Ia harus bisa menyentuh manusia, yaitu manusia-manusia yang aktif, berinisiatif dan berani maju. Manusia pemenang adalah manusia yang responsif. [By Rhenald Kasali, Phd]

Legenda Hidup Singapura: Lee Kuan Yew

Tahun 1959, People’s Action Party (PAP) pimpinan Lee Kuan Yew berhasil memenangkan pemilu di Singapura dengan menguasai 41 dari 53 kursi di parlemen. Saat Lee diangkat menjadi perdana menteri, kas negara dalam keadaan kosong, kondisi negara carut-marut, penerapan hukum buruk, konflik antar etnis, masyarakat jorok dengan sampah dimana-mana dan pengangguran mencapai 40%. Sedangkan sumber daya alam sangatlah minim, luas Singapura hanya 400 km dengan komoditi andalan cuma padi. Kalaupun seandainya semua lapangan sepak bola dikonversi menjadi sawah, ia hanya mampu menyajikan beras untuk 40.000 orang. Untuk membangun turisme-pun susah karena masyarakatnya jorok dan tidak mempunyai pantai yang bagus.

Lee hanya mempunyai sebuah impian dan beberapa orang pemikir, dan didukung satu modal utama, yaitu lokasi singapura yang strategis. Dengan tekad bulat Lee harus mengubah singapura. Ia memimpikan sebuah negara kecil yang bersih, disiplin, memegang kuat tradisi penghormatan terhadap orang tua, dan tentu saja kaya. Lalu harus dimulai dari mana? Lee berfikir keras sambil diliputi kekhawatiran kalau Singapura tidak segera berubah dan ia tidak mampu menyediakan lapangan pekerjaan bagi penduduknya, Singapura akan menjadi sasaran penyebaran Komunis. Maka dengan segera ia menggulirkan pekerjaan tersebut. Ia menugaskan Dr. Goh Keng Swee untuk merancang pembangunan yang agresif. Goh segera bertindak, Industrialisasi adalah pilihan utama, hanya masalahnya Singapura tidak punya bahan baku, SDM yang kurang berkualitas, tidak ada ketrampilan Industri, dan yang paling parah, tidak punya pasar yang cukup besar. Itulah sebabnya mereka menjalin pasar bersama (common market) dengan Malaysia. Namun itu saja belum cukup.

Untuk memajukan perekonomian, pemerintah Lee meminta bantuan PBB agar mengirim ahli ekonominya. Pada tahun 1960 PBB mengirim misi survei industrial yang dipimpin oleh Dr. Albert Winsemius, yang dibantu oleh seorang keturunan China, I.F.Tang. Dengan bantuan keduanya, Lee merumuskan strategi pembangunan ekonomi global yang berorientasi pada keunggulan daya saing dan produktivitas lewat pemerintah yang bersih, masyarakat yang disiplin dan industrialisasi yang ditangani oleh tenaga-tenaga profesional. Pemerintahan Lee tidak anti asing maka setiap bangsa boleh ikut mengembangkan Singapura asal betul-betul profesional dan menguntungkan negara. Ada dua badan yang menjadi andalan Lee saat itu, yaitu HDB (Housing Development Board) dan EDB (Economic Development Board).

Pada saat perubahan mulai dijalankan, tentu saja banyak pihak yang tidak siap. Bahkan Lee sering disebut sebagai salah satu diktator Asia yang anti demokrasi, HAM dan kebebasan berserikat. Ia begitu tegas menegakkan hukum dan menjatuhkan denda yang sangat besar bagi orang yang melanggar ketertiban dan tidak menjaga kebersihan kota.

Perubahan yang digulirkan Lee tentu tidak akan berhasil kalau ia hanya berfokus pada wacana politik dan nilai-nilai tertentu saja. Berdasar pada nilai-nilai seperti disiplin, keramahan dalam melayani konsumen, profesionalisme, kreativitas dll, Lee memberikan kebebasan pada para pemikir sekaligus pelaku spt Dr. Goh, Dr. Albert dan I.F.Tang dll untuk bergerak bebas mengeksekusi ide-ide kreatif mereka. Merekalah yang berperan sangat penting dalam mempercepat Industrialisasi di Singapura. Contohnya saat mereka mengangkat kepala perwakilan EDB di New York, mereka lebih memilih seorang top salesman dengan pengalaman bisnis, street smart, sabar, jujur dan pekerja keras ketimbang seorang birokrat, akademisi ataupun politisi yang berkantor diruang tertutup. Pilihan jatuh kepada Chan Chin Bok, seorang mantan salesman yang juga kolumnis bisnis. Berkat bantuan Chan, Singapura menjalin kerjasama dengan produsen otomotif di Detroit, Ford misalnya memilih Singapura sebagai lokasi Assembly Part-nya di Asia setelah Singapura menjalin kerja sama Common Market dengan Malaysia. Hal menarik yang terjadi disini adalah kisah hubungan Malaysia-Singapura yang memperebutkan lokasi, lebih merupakan deal business ketimbang deal-deal politik.

Tentu saja kisah diatas berlaku pada masa-masa awal perubahan. Pada tahap awal negara membutuhkan dua tangan sekaligus: yang satu tangan pemikir (Thinker) dan yang satu tangan pelaku (Doer). Namun sekarang keduanya membutuhkan kecerdasan intelektual dan hal itu dapat dicapai dengan penyediaan pendidikan yang baik seiring berjalanya waktu.

Di masa pemerintahanya Lee sangat konsisten menata pemerintahanya. Dalam setiap tahap ia selalu merumuskan langkah-langkah konkret yang harus diambil setiap jajaran dan departemen dibawahnya. Tak disangka, Singapura yang tak punya apa-apa sekarang malah menjadi salah satu negara terkaya didunia. Pada saat Lee melepaskan jabatanya (1990), GDP per kapita Singapura telah menjadi US$ 14.000 dan terus tumbuh, pada tahun 2004 saja, GDP per kapita telah mencapai US$ 22.000.

Thanks to Dr. Rhenald Kasali for the inspiration.

Meraih Dollar Lewat PayPerPost

Berita bagus buat temen-temen yang pinter banget bahasa inggris or maybe belom terlalu pinter tapi pingin banget belajar and ngasah kemampuan dalam berbahasa inggis, coba dech gabung di program paid per post (dibayar untuk setiap post) dari payperpost.com. Simplenya, kamu bakalan dibayar (range $5-$500) untuk setiap posting review berbahasa inggris tentang produk, blog, websites dll yang ditawarkan oleh payperpost (selanjutnya disingkat ppp), bahkan kamu bisa menentukan sendiri berapa besar harga yang bakal kamu terima dari setiap posting kamu. Enak nggak tuh? Tapi, tentu saja dengan syarat-syarat tertentu yang harus kamu penuhi, diantaranya:

Syarat blog kamu diterima sebagai member ppp (sebatas registrasi):
  • Blog berusia minimal 30 hari dengan minimal 10 posting.
Syarat blog diikut sertakan dalam marketplace-nya ppp dan bisa memulai posting review:
  • Primary content language adalah bahasa inggris.
  • Original content alias blog kamu tidak berisi duplicate content atau hasil copy paste (copas) content dari blog atau website lain. Lebih spesifik blog kamu harus berisi content yang memerlukan kreatifitas untuk membuatnya, bukan hanya berisi content semisal lowongan pekerjaan, lirik lagu dan foto-foto.
Setelah semua syarat terpenuhi dan blog kamu di approve di marketplace, kamu bisa manfaatin banyak oportunities/penawaran yang ada. Besar nilai bayaran kamu tergantung dari niche (pasar ceruk) content yang menjadi sajian utama blog kamu karena kesempatan review akan disesuaikan dengan content blog kamu. Misal saat register kamu mengisikan blog kamu berisi tentang masalah seputar gadget, teknologi dll, maka penawaran review dari marketplace-pun akan berkaitan dengan gadget dan teknologi.

Seperti yang aku singgung sedikit diatas, range bayaran mulai dari $5-$500 sesuai dengan niche blog kamu, perlu diketahui juga bahwa tiap-tiap review oportunities juga mensyaratkan hal-hal spesifik. Misal hari ini marketplace memberikan penawaran dengan bayaran tinggi, tarohlah ada tawaran $400 per post. Dengan bayaran setinggi itu biasanya mereka mensyaratkan blog pe-review harus mempunyai Page Rank tinggi, misal PR 7 atau PR 8 dan dengan target market tertentu, misal segmentasi pasar blog pe-review itu adalah belahan amerika utara.

Sedikit ribet ya? Nggak juga tuh, take it simple aja! Kalo kamu udah punya blog sesuai persyaratan diatas, tinggal pilih penawaran yg sesuai dengan kapasitas blog kamu, sesuaikan target market dan PR kamu. Banyak banget kok pilihan penawaran posting review, yaa...logika normal semakin tinggi bayaran dari sebuah posting review otomatis syarat blog boleh me-review juga harus mempunyai kualifikasi tinggi.

Mungkin diantara artikel-artikel sejenis yang mengulas tentang ppp, artikel ini termasuk yang paling detail (duch...pede banget gw:)), coz kebanyakan temen-temen blogger hanya bercerita manis-manisnya ppp doang. Dengan penjelasan sedetil mungkin (kalo masih kurang mohon ditambahi :)) aku berharap temen-temen lebih aware bahwa untuk menjadi sukses di bisnis online juga memerlukan kerja keras sama seperti bisnis offline pada umumnya. Kalo cuma manis-manisnya tok yang aku sampaikan, aku khawatir informasi ini hanya akan dipandang sebagai informasi jual mimpi yang menjanjikan dollar mengucur dengan cara gampang. No, its not easy dude! Semakin besar dollar yang ingin kamu raih di ppp, semakin tinggi juga PR yang kamu butuhkan untuk bisa mengambil sebuah penawaran gede. Disinilah dibutuhkan kerja keras untuk meningkatkan Page Rank blog kita.

Balik lagi ke ppp, buat temen-temen yang belum fasih bahasa inggris dan belum siap terjun ke marketplace-nya ppp jangan kuatir coz kamu juga masih berkesempatan dapetin dollar disana, salah satunya adalah dengan menjalankan program refferal mereka, tentu saja setelah di approve sebagai member ppp. Temen-temen bakal dibayar $15 jika berhasil mengajak orang lain buat gabung jadi pe-review di ppp, komisi tersebut akan langsung meluncur ke account paypal temen-temen setelah orang yang diajak tersebut di approve sebagai pe-review di ppp. Lumayan bukan? Ada juga program-program lainya yang insyaallah bakal kita bahas lebih detil di waktu-waktu mendatang.

So, kalo kamu udah siap untuk terjun ke marketplace-nya payperpost buruan dech daftar! Kalo misal temen-temen berkenan membantuku mendapat rizki dari komisi refferal, silahkan daftar di banner ppp di blog ini, tentu saja temen-temen bakal jadi downline aku:) Tapi kalo misal pingin daftar langsung silahkan log on ke www.payperpost.com

G'd Luck and Semoga Bermanfaat!





My Name is Mansur

Jujur, dulu aku smpt krg confident dikasih nama Mansur oleh ortuku, bahkan aku smpt protes ma ayahku, kenapa nama lahirku mesti itu? Dg tersenyum ayahku bilang suatu saat aku akan merasa bangga dg nama itu. Selain nama itu hadiah dari Ulama' ternama didaerahku yg kebetulan teman dekat ayahku, banyak orang besar yg menyandang nama tersebut. Mungkin krna waktu itu aku msh kecil bgt, aku belom bisa nerima penjelasan ayahku. Yg ada dibenakku cuma ejekan teman-teman SD yg selalu mengidentikkan aku dg Mansyur S, maklum aku lahir dimasa kejayaan penyayi dangdut Mansyur S dan tau sndiri gmn image musik dangdut saat itu. Straaalah... itu cerita dulu, saat ini ak bangga diberi nama Mansur, salah satu yg plg berjasa buatku confident adlh Google. Search engine ini memberi banyak informasi yg kubutuhkan tentang orang-orang yg mempunyai destiny sama sptku, dianugerahi nama Mansur. Berikut sedikit info tntg orang-orang besar dan hal-hal yg berkaitan dg nama Mansur :
  • Khalifah (Raja Muslim) Abu Jafar Abdullah bin Muhammad Al-Mansur (712–775 AD): Beliau adalah Khalifah kedua Bani Abbasiyah pendiri kota Baghdad di Persia (Iraq). Beliau juga membangun isatana yang dikenal dengan nama Madinat as-Salam.
  • Jenderal Al-Mansur (dikenal sebagai Almanzor di dunia Barat): Beliau adalah jenderal dan negarawan muslim asal Spanyol.
  • Mansour Ojjeh: Pengusaha ternama kelahiran Arab Saudi, pemilik separuh perusahaan jam tangan ternama TAG Heuer (Techniques d'Avant-Garde) Corporation, Mansour juga pemilik 30 % saham McLaren Mercedez F1 Team.
  • Abu Nasr Mansur ibn Ali ibn Iraq: Ilmuwan dibidang matematika dan astronomi kelahiran Khwarazm (sekarang Kara-Kalpakskaya, Uzbekistan) 970-1036. Salah satu hasil temuanya yang bermanfaat bagi Ilmu Pengetahuan modern adalah hukum sinus a/sin A = b/sin B = c/sin C. Selain itu banyak hasil karya dan penemuanya dalam bidang astronomi dan matematika yang di translate oleh bangsa eropa.
  • Sultan Mansur Shah (Kesultanan Melayu Melaka: 1456-1477): Dalam pemerintahannya, baginda sultan giat memperluas wilayah kekuasaanya. Banyak negeri di bawah tahlukan Melaka seperti Selangor, Bernam, Manjung, Rupat, Singapura, Bentan dan pulau sekitarnya. Dalam strategi pertahanan pula, Sultan Mansur mengarahkan Bendahara Tun Perak untuk menahlukkan Pahang yang akan dijadikan benteng pertahanan di pantai timur. Kampar dan Siak juga ditahlukkan, namun mereka gagal menahlukkan Pasai dan Aru. Dikisahkan negeri ini mempunyai hulubalang yang tiada tandingannya.
  • Kiai Haji Mas Mansur (Surabaya, 25 Juni 1896–Surabaya, April 1946): Adalah seorang tokoh Islam dan pahlawan nasional Indonesia. Beliau dimakamkan di Gipo, Surabaya.
  • Ustadz Yusuf Mansur: Ustadz muda terkenal di Indonesia.
  • Al-Mansur District: Daerah elite di kota Baghdad tempat tertangkapnya Sadam Husein dalam sebuah Bunker oleh tentara AS.
  • Hotel Al-Mansur: Hotel ternama di Iraq, dimasa kejayaan rezim Sadam Husein di hotel ini terdapat sebuah karpet berlukiskan gambar George Bush Senior yang setiap hari diinjak-injak oleh pengunjung dan karyawan hotel, mungkin inilah salah satu penyebab besarnya kebencian GWB disamping agenda-agenda politik lainya.
  • Mansory Auto Mobile: Rumah modifikasi ternama di Jerman yang menggarap beberapa superbrand otomotif seperti Rolls Royce, Bentley, Aston Martin, Mercedes-Benz dll. Mansory lahir di London Inggris dibawah tangan dingin modifikator legendaris UK Sir Mansory.
Banyak orang bilang ‘apalah arti sebuah nama’, tapi bagiku nama memiliki arti penting bagi diri seseorang. Ibarat sebuah produk, nama adalah brand yang mewakili image dan kredibilitas produk tersebut. Donald Thrump misalnya, menjadikan namanya sebagai brand dari produk-produk disemua lini bisnisnya, Thrump selalu identik dengan Luxurious, best quality dan profesionalism. Ada pula Honda, Toyota, Ford, Ferrari, Hewlet Packard dan Benz, dari Indonesia juga ada Bakrie & Brothers, Sampoerna dan lainya. Akankah Mansur dapat menjadi brand yang menebarkan aura positif buatku dan lingkunganku? Semoga saja, Wallohu a’lam bissowab...! Yg pasti jauh di mimpiku banyak hal yg ingin aku raih sama seperti mereka, menjadikan nama sebagai sebuah brand besar dan bermanfaat bagi masyarakat. Kalau Allah menghendaki bukan tidak mungkin di Indonesia akan hadir Al-Mansur Inc., Al-Mansur Hotels, Al-Mansur University, Al-Mansur Foundations, Al-Mansur International Hospital dan lain sebagainya. Yaa...kembali lagi semua itu adalah mimpi, kita sebagai manusia hanya bisa berdoa dan berusaha, final result teteeep kita serahkan ma yg diatas.

So, never affraid to have a dream bro! Bukankah teori Newton dan relativitas Einstein berawal dari mimpi? Always rememberThe Power of Dream’ and teteeep selalu latih kecerdasan emosional kita agar nggak loose our mind jika mimpi nggak tercapai. Anyway, thanks a lot for d’time & attentions! And tetep setia hangout bareng di al-mansur.info, Semoga bermanfaat buat kita semua. Amiiin...!

Best Regards,

[Al-Mansur]

Contact Us

For suggestion, partnership or advertise, please contact to:
  • email: almansur@ymail.com
  • Phone +6283838056909
    Please state your proposed banner size and position for advertise in here!

    Banner Size: 468 x 60 pixel

    • Position: top-right (next to header/logo image)
    • Display: Fix
    • Status: Available
    • Monthly price: Email me
    Banner Size: 250 x 250 pixel
    • Position: Sidebar
    • Display: Fix
    • Status: Available
    • Monthly price: Email me
    Banner Size: 125 x 125 pixel
    • Position: Sidebar
    • Display: Fix
    • Status: Available
    • Monthly price: Email me
    Payment can be done through Paypal or wire Bank transfer.


    Best Regards,

    CBO

    Al Mansur Short Portofolio

    Saya lahir Jepara (Bumi Kartini) Jawa Tengah dengan nama kecil Hidayat Al-Mansur, Mansur Hidayat. Setelah lulus dari S1 Teknik Informatika Univ. Stikubank SMG, saya banyak berkecimpung di dunia pariwisata sebagai Duta Wisata Kab. Jepara (Mas Jepara 2006) serta Duta Wisata Propinsi Jawa Tengah (Mas Jateng 2006).

    Saya juga dipercaya sebagi Chairman atau Ketua The Indonesian Tourism Ambasador Ascosiation Jateng Branch/Asosiasi Duta Wisata Indonesia (ADWINDO) DPD Jateng periode 2007-2009. Selain itu aku juga pernah bekerja di PT. Indosat SMG sbg Team Leader yg terafiliasi di Marketing and Communications Department, dan terakhir atau saat ini aku bekerja di PT. Natrindo Telepon Seluler, North Central Java sebagai PIC Roadshow Team DSR Semarang.

    My hobby is reading, traveling, blogging, etc dan obsesi yang pgn banget saya raih dalam waktu dekat adalah melanjutkan pendidikan saya ke jenjang S2 dengan mengambil program MBA.


    Contact Us

    Akuisisi aQuantive Inc.Oleh Microsoft Untuk Terjun Dalam Perebutan Kue Online Advertising Melawan Google dan Yahoo

    Pasar iklan online di dunia maya saat ini bernilai lebih dari 25 miliar dollar AS atau lebih dari 225-an triliun rupiah per tahun. Miliaran dollar dana tersebut mengalir deras ke kantong-kantong raksasa internet seperti Google Inc dan Yahoo Inc. Melihat jumlah aliran dana yang fantastis tersebut, tidak heran jika ‘uncle Bill’ dengan perusahaan raksasanya Microsoft ingin ambil bagian dalam perberburuan kue keuntungan dengan mengakuisisi perusahaan iklan aQuantive Inc.

    aQuantive Inc. adalah perusahaan yang tercatat dalam bursa saham New york (NYSE), Amerika Serikat sama halnya dengan Microsoft. Kerjasama kedua perusahaan tersebut mulai menarik perhatian pelaku pasar menjelang akhir Mei 2007 lalu. Bukan semata-mata karena akuisisi tersebut melibatkan perputaran dana sekitar 6 miliar dollar (WSJ, 21/5/07), namun hal ini juga menunjukkan bahwa saat ini perusahaan iklan telah berada pada strata perusahaan papan atas dunia.

    aQuantive sendiri didirikan tahun 1997 dan merupakan perusahaan induk dari Avenue A/Razorfish, Atlas Media Console dan Drive PM di Amerika Serikat. Alasan dari akuisisi Microsoft terhadap aQuantive adalah boomingnya online advertising di Amerika Serikat dan zona pasar Eropa, hal ini berimbas pada isi dari media online yang harus mengakomodasi tren perkembangan iklan online di bisnis mereka, dan ekspansi ini berarti pula industri media cetak dan media offline yang selama ini sangat bergantung pada perolehan iklan dalam survival dan kelangsungan bisnis akan terpengaruh seiring perkembangan tren iklan dunia. Microsoft tampaknya mengikuti jejak dari McClathy yang telah membuat kesepakatan bisnis dengan Yahoo group Inc.

    Lalu, apakah ini berarti ‘the old media’ harus siap-siap gulung tikar atau paling tidak akan sangat kesulitan untuk survive? Belum tentu, karena sebenarnya ini adalah issue lama yang dulu sempat berhembus saat munculnya ‘the dotcom era’ di Amerika Serikat dan Amerika Utara, saat itu diramalkan bahwa media-media lama akan gulung tikar dalam kurun waktu 10 tahun sejak munculnya dotcom. Ternyata ramalan tersebut tidak sepenuhnya benar, karena ternyata saat ini banyak media-media lama yang masih dapat bertahan, bahkan kalau mau lebih kreatif media-media yang tergolong tua dapat melakukan kemitraan dengan media-media online seiring maraknya tren iklan online. Kemitraan dapat dilakukan karena media online membutuhkan kerjasama baik dalam informasi, isi iklan dan berbagai panduan lainya dari produk-produk isi media cetak selama ini.

    Memang untuk dapat survive di percaturan iklan dunia, media-media lama harus melakukan reinvestasi, baik dari infrastruktur, strategic planning kedepan dan SDM, apalagi industri media secara umum hidup dari kreativitas, inovasi, informasi dan kapital ide. Tanpa itu semua, industri media apapun (termasuk media online) akan dijauhi oleh publik, konsumen dan pasar. Kesamaan inilah yang dapat menjadi nyawa untuk melakukan sinergi antara media lama dengan media baru dengan hidup berdampingan sebagai infrastruktur iklan seperti digital text, display, audio dan video.

    Potensi Online Advertising

    Seperti disinggung diatas salah satu alasan Microsoft terjun kedunia periklanan adalah boomingnya iklan online saat ini, namun apa sebenarnya alasan Microsoft menjatuhkan pilihan terhadap aQuantive Inc. untuk ekspansi bisnisnya? Jawabanya cukup simple, karena aQuantive adalah perusahaan iklan yang cukup establish, Aquantive memiliki infrastruktur yang baik, pelanggan tetap, pilihan servis yang beragam seperti iklan display dan iklan banner. Oleh karena itu, Microsoft tidak perlu repot-repot untuk langsung terjun ke kancah perburuan dollar di pasar online advertising.

    Skenario akusisi dengan skema 85% kepemilikan untuk Microsoft memperlihatkan ketatnya persaingan bisnis iklan di dunia maya saat ini, banyak perusahaan media dan terknologi kelas kakap salaing berebut kue keuntungan di industri ini. Sebagai perbandingan, mari kita simak terobosan serupa yang dilakukan Google Inc. yang mengakuisisi DoubleClick Inc. seniali 3.1 miliar dollar AS. DoubleClick selama ini bergerak dibidang penyediaan teknologi bagi penerbit-penerbit situs jaringan internet yang menawarkan iklan dan informasi ke para pecandu internet.

    Google saat ini telah menjadi perusahaan penyedia iklan internet kelas wahid, sedangkan DoubleClick berperan membantu melakukan delivery iklan-iklan display seperti banner dan boxes pada situs-situs di internet. Bagi Microsoft, langkah akusisi aQuantive adalah lompatan jauh kedepan untuk ikut bertempur dan mengejar ketertinggalanya dari dua raksasa industri internet Yahoo dan Google. Akusisi ini dilakukan karena untuk dapat menjadi penguasa bisnis online ads, Microsoft tidak dapat berharap banyak dari traffic situs-situs webnya seperti MSN. Teknologi aQuantive memungkinkan Microsoft men-delivery iklan ke situs-situs pihak ketiga. Hal ini dianggap lebih efektif daripada strategi penetrasi iklan Microsoft sebelumnya yang memasarkan iklan lewat video games pada Xbox dan penetrasi iklan melalui situs-situs web Microsoft sendiri. Langkah ini juga akan semakin mebuat ajang pasar iklan online semakin kompetitif.

    Apakah Microsoft mampu menahlukkan pasar iklan online dunia yang selama ini dikuasai oleh Google dan Yahoo melalui akuisisi ini? Kita lihat saja nanti perkembanganya. Yang pasti laporan terakhir menyebutkan bahwa pasar iklan online iklan sedang mengalami kenaikan hampir 30% dibelahan Amerika Utara dan seluruh dunia. Hasil analisa Piper Jafray, analis pada Aaron Kesler, memperkirakan pasar iklan online yang bernilai sekitar $20 milliar pada tahun 2007 (Barbara Ortutay, 16/5/2007) akan tumbuh sekitar 17% dalam kurun waktu 5 tahun kedepan.

    Lalu, kapan kita bangsa Indonesia ikut mencicipi perputaran dollar di bisnis ini? Sejak beberapa tahun lalu telah banyak putra-putra Indonesia yang telah mencicipi kue iklan online walau dalam skala yang lebih kecil sebagai adsense publisher misalnya. Anda juga dapat turut serta dalam berebut kue bisnis online advertising yang masih sangat potensial untuk dikembangkan. Bagaimana caranya? Stay tune terus di mansur-perspektif (CBO).


    Reference:

    B&B Magazine edisi Juni 2007.

    Suzuki Neo Baleno (SX4 Sedan)

    Setelah meluncurkan Crrosover pertama di Indonesia Suzuki SX4 April 2007 lalu, PT Indomobil Niaga International (IMNI) selaku ATPM suzuki di Indonesia kembali meluncurkan produk terbarunya Suzuki Neo Baleno pada Februari 2008. Sejatinya Neo Baleno adalah ‘saudara kandung’ dari SX4 yang di-redesign dengan menambahkan bagasi, bahkan dinegara asalnya Neo Baleno bernama Suzuki SX4 Sedan sama seperti Baleno Next-G yang satu platform dengan Aerio.

    Bermodal mesin berkode M15A, 1.500 cc DOHC 16 katup VVT (Variable Valve Timing) injeksi, Neo Baleno menawarkan pilihan transmisi manual 5-speed dan otomatis 4-speed. Desain sedan bertenaga 100 hp/6000 rpm dengan torsi maksimal 133 nm pada 4000 rpm ini juga terbilang unik. Sebut saja panjang body 4.135 mm, lebar 1.755 mm dan tinggi 1.605 mm dengan ground clearance 165 mm, sebagai yang tertinggi dikelasnya. Dengan desain semacam ini sebenarnya Neo Baleno sudah dapat diklasifikasikan sebagai smaal sedan bersanding dengan Honda New Civic maupun Corolla Altis, namun karena potitioning Neo Baleno di level Toyota Vios dan Honda City, kita sebut saja sebagai mini sedan.

    Desain unik Neo Baleno makin disempurnakan dengan diaplikasikanya Sistem pengereman ABS (Antilock Braking system) plus EBD (Electronic Brake Distribution) didukung dengan rem cakram di roda depan dan belakang. Adapun piranti suspensi, Neo Baleno menggunakan Mcperson Strut di roda depan dan Torsion Beam di roda belakang, suspensi ini di percaya untuk menghadirkan kenyaman saat berkendara bagi pengemudi maupun penumpang. Dengan kelebihan tersebut mobil ini seakan memberi pilihan baru bagi masyarakat dan sebagai jawaban akan kebutuhan sebuah sedan yang nyaman, dapat diandalkan untuk melahap jalan jelek sekalipun dan tentu saja Value for Money!

    Beragam fitur lain yang ditawarkan Neo Baleno diantaranya, spion retractable, pedal gas throtle by wire, display informasi suhu luar dan konsumsi bensin (dalam kota 1/11,1 dan luar kota 1/11,7: tabloit otomotif edisi 45:XVII), bagasi luas, dual airbag untuk dua penumpang depan, steering switch control, electronic power steering dan desain rem cakram belakang berkaliper unik untuk menghalau debu dan air.

    Mini sedan terbaru andalan Suzuki ini ditawarkan dengan harga Rp.168 jt untuk manual dan Rp.179 jt untuk varian otomatis (harga on the road Jakarta dan dapat berubah sewaktu-waktu). Dipasar tanah air Neo Baleno akan head to head dengan Toyota New Vios, Honda New City dan Chevrolet Kalos. Akankah Neo Baleno mampu menandingi musuh-musuh bebuyutanya dan mengubah image Baleno sebagai sedan dengan depresiasi harga purna jual yang buruk? Kita tunggu saja performanya di pasar tanah air. Yang pasti dengan hadirnya Neo Baleno, Suzuki berusaha menawarkan sebuah pilihan kendaraan baru yang sangat lengkap disisi fitur keselamatan dan kenyamanan berkendara dengan harga yang relatif terjangkau. Like I say before, it’s value for money! So, kalo kamu pingin sesuatu yang beda dari sebuah mini sedan? segera hubungi dealer Suzuki terdekat!

    Tau nggak sech?
    1. Ground clearance adalah jarak body mobil dari permukaan tanah.
    2. Electronic Power Steering adalah steering system yang memungkinkan (ECU/Engine Computer Unit) mengatur tingkat berat/ringannya perputaran steer berdasar data-data yang dikirimkan sensor, bukan lagi pompa hidrolik. So, kamu nggak perlu repot-repot lagi ngisi oli power steering.
    3. System ABS, EBD memungkinkan mobil mempertahankan kontrol traksi (daya cengkeram ban terhadap permukaan jalan) saat terjadi pengereman secara mendadak. Nggak perlu takut lagi mobil bakal menggelincir dech, palagi kalo mobil dilengkapi dengan VSA (Vehicle Stability Assist) kayak di Honda New Civic.
    4. Sistem bahan bakar injeksi memungkinkan piranti elektronik ECU mengatur konsumsi BBM sesuai kebutuhan mesin, bukan lagi karburator.
    5. Crossover adalah perbaduan antara Multy Purpose Vehicle (contoh: Toyota Wish, Honda Stream, Nissan Grand Livina, Toyota Alphard, Nissan Serena dll) dengan Sport Utility Vehicle (contoh: Honda CRV, Land Roover Discovery, Range Roover, Cadillac Escalade, Porche Cayene, Suzuki Grand Vitara, Nissan X-Trail, Ford Escape, Hyunday Santafe dll), contoh crossover adalah Suzuki SX4.