Please Read This!

Thnx for visiting my blog, mohon maaf kalau disana-sini masih terdapat kekurangan. Dan untuk memperbaiki blog ini kedepanya, maka saya memindahkanya ke alamat baru di www.al-mansur.info, saran dan kritikan konstruktif sangat saya nantikan demi kebaikan kedepan. Thnx and happy blogging! www.al-mansur.info

New Honda Jazz 2008


Kabar gembira nech buat temen-temen yang cinta banget ma Honda Jazz. Setelah kemunculan perdana di Tokyo Motor Show 2007 lalu, kabarnya PT Honda Prospect Motor selaku ATPM Honda di Indonesia bakal resmi me-lounch New Honda Jazz yang di negara aslinya bernama Honda Fit pada Juli 2008 mendatang. Bahkan, dikutip dari tabloid Otomotif (edisi:32:XVII) Jonfis Fandy, marketing & aftersales service director, PT Honda Prospect Motor menjelaskan jika New Honda Jazz sudah dapat dipesan bulan Juli mendatang. Ditanya soal harga, Jonfis menjelaskan kalau harga The Most Favorite Hatchback di Indonesia ini nggak beda jauh dengan Jazz lama. Asyik gak tuh?

So, apa aja sech amunisi baru yang disiapkan HPM guna menggempur rival-rivalnya dan mempertahankan eksistensinya sebagai market leader di pasar tanah air? Mengintip ke dapur pacu, engine yang di usung Jazz baru ini sama dengan Jazz terdahulu, mesin 1.500 cc-i-VITEC masih dipercaya buat menyemburkan tenaga sebesar 110 Hp dengan torsi….???

Perbedaan cukup mencolok terlihat di segi desain dan dimensi tunggangan baru ini, dimensi body secara keseluruhan terlihat lebih chubby alias gemuk dengan kaca depan lebih landai. Desain landai ini memberi keleluasaan pandangan bagi driver karena dimensi kaca segitiga (di depan pintu) dibuat ebih besar. Desain panjang body juga mengalami penambahan sebesar 55 mm, menjadi 3900 mm dan besar body melar 20mm menjadi 1.695 mm. Tapi hal itu tidak berlaku bagi desain tinggi body yang masih sama dengan Jazz pendahulunya 1.525 mm. Penambahan dimensi berarti kenyamanan penumpang dikabin akan semakin baik, karena jok depan menjadi lega serasa sedan. Penumpang di kabin juga dimanjakan dengan desain jok belakang ULTRA seat yang lebih lebar 20 mm, 15 mm lebih dalam dan penambahan ketebalan jok 10% supaya lebih empuk dikendarai.

Kenyamanan dan riding stability juga ditingkatkan pada pesaing Suzuki Swift, Toyota Yaris dan Nissan Livina Hatchback ini dengan memperpanjang wheelbase sebesar 50 mm menjadi 2.500 mm.

Apakah hatchback andalan Honda ini mampu memepertahankan singgasana dan kembali memimpin sebagai market leader di tahun 2008? Kita tunggu saja kehadiranya.

Tau nggak sech?

Istilah hatchback awalnya dipakai untuk menyebut mobil sedan tanpa buntut seperti Honda Estillo, Toyota Starlet, Audi A3 dll. Seiring perkembangan industri automotive istilah hatchback juga melekat pada mobil-mobil seperti seperti Honda Jazz, Suzuki Swift, Toyota Yaris, Nissan Livina XR dll. Tapi ada juga istilah lain untuk menyebut mobil sekelas ini, yaitu Mini MPV.

2 Responses to "New Honda Jazz 2008"

Anonymous Says :
June 9, 2008 at 11:57 PM

tulisane ra kethok, nek kowe ra ngerti artine sinau boso jowo sikik.

Mansur Hidayat Says :
June 12, 2008 at 1:00 AM

Mana yg g kelihatan, semua jelas banget! Cape deeeeeech!

Post a Comment