Please Read This!

Thnx for visiting my blog, mohon maaf kalau disana-sini masih terdapat kekurangan. Dan untuk memperbaiki blog ini kedepanya, maka saya memindahkanya ke alamat baru di www.al-mansur.info, saran dan kritikan konstruktif sangat saya nantikan demi kebaikan kedepan. Thnx and happy blogging! www.al-mansur.info

How to Earn Money from the Internet by Blogging?

Sebagai mana kita ketahui bersama, saat ini telah terjadi pergeseran dari masyarakat industri menjadi masyarakat komunikasi (e-community), komunitas ini hadir dengan ciri khas tersendiri. Dalam waktu 24 jam sehari, mereka memburu jutaan informasi yang terup-date setiap saat dan saling bertukar informasi dari seluruh penjuru bumi ini melalui sebuah jejaring maya yang disebut internet. Fenomena ini sangat besar pengaruhnya hingga kemudian muncul paradigma baru bernama new economy. Dalam artian sederhana, new economy adalah istilah yang merefleksikan berbagai macam kegiatan ekonomi yang berbasiskan internet. Dengan berbagai macam term-electroniknya-things-nya, new economy memunculkan banyak istilah dimasyarakat seperti e-commerce, e-business, e-banking dll.

Jika selama ini kita sangat familiar dengan istulah email, website, chatting dll, sebenarnya telah hadir juga media baru di internet yang dikenal dengan istilah blog. Saat ini blog, banyak menjadi topik pembicaraan didunia, istilah gaul-nya blog lagi “happening banget” di seluruh dunia. Bahkan Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Moh. Nuh pada tanggal 27 Oktober 2007 yang lalu mencanangkan 27 Oktober sebagai hari Blogger Nasional dan pencapaian sejuta blogger pada tahun 2008.

Sebelum terlalu jauh membahas korelasi serta peran blog dengan munculya paradigma new economy diatas, tidak ada salahnya kita mereview sedikit kebelakang tentang awal dari munculnya blog itu sendiri. Sebuah blog pada awalnya adalah sebuah jurnal (catatan harian) yang dipublikasikan lewat internet, dan seiring perkembangan teknologi internet, blog kini berkembang sangat cepat dan menakjubkan. Banyak sekali hal yang dapat dilakukan oleh sebuah blog. Blog tidak hanya berperan sebagai media share informasi para blogger (istilah untuk menyebut pemilik blog/penulis blog), social network, namun blog mampu menjadi media bisnis online yang sangat menjanjikan. Bahkan tidak sedikit para pejabat, tokoh politik dan para expert dibidang tertentu yang memanfaatkan blog sebagai media penuangan ide dan persepsi mereka akan suatu hal.

Kombinasi antara kekuatan isi sebuah blog (content) dan “kesaktian” internet yang mampu meyebarkan informasi tanpa batas geografis dan waktu, menjadikan blog sebuah kekuatan baru yang layak untuk diperhatikan. Seperti disinggung sedikit diatas saat ini blog telah menjelma menjadi media bisnis online yang sangat menjanjikan, hal itu disebabkan terbuka lebarnya kesempatan bagi para blogger untuk memperoleh penghasilan dari blog yang dimiliki. Saat ini banyak sekali penyedia iklan yang memanfaatkan blog sebagai media promosi produk-produk mereka, keunikan blog, keberagaman tema, kekayaan konten, kemampuan para blogger sebagi freedom writer yang bebas berekspresi dalam menggiring opini pembacanya serta kepiawaianya dalam menjalin social networking community menjadi salah satru alasan mengapa para penyedia iklan banyak memanfaatkan media blog. Adapun beberapa alasan lain mengapa banyak penyedia iklan mengincar blog sebagai media promosi adalah:

  1. Peran blog yang beralih dari hanya sekedar media share informasi pribadi menjadi media penyebar informasi umum yang setara dengan websites mainstream.
  2. Penetrasi blog yang sangat tinggi.
  3. Peran blog yang berubah menjadi media baru bagi layanan Search Engine seperti Google dan lainya untuk menyebarkan iklan.
  4. Banyaknya pengunjung/pembaca blog yang semakin meningkat karena banyaknya blogger yang menyediakan informasi seperti artikel, tips & trik dan lainya yang bisa di download secara gratis.
  5. Banyaknya websites kelas dunia yang membuat blog aggregator untuk blog yang mereview produknya.
  6. Fleksibitas blog yang mampu menjadi media informasi dua arah antara para blogger dan pembacanya dengan fasilitas online comment menjadikan blog salah satu media di internet yang sangat potensial untuk berkembang.

Pertanyaannya kemudian, apa yang harus kita lakukan untuk turut serta dalam hiruk-pikuk kegiatan economi didunia maya dan menjadikan kegiatan menulis blog sebagai sebuah wahana yang tepat untuk mendatangkan penghasilan? Tentu saja langkah pertama untuk terjun dibisnis ini adalah anda harus memiliki sebuah blog. Lalu apakah anda dituntut untuk mengalokasikan budget tertentu untuk memiliki sebuah blog? Don’t worry bro! Banyak penyedia layanan blog gratis yang dapat anda manfaatkan di internet. Anda tidak perlu membayar apapun alias gratis untuk bisa memulai bisnis online anda lewat sebuah blog tentu saja hal ini selain biaya akses internet yang harus anda keluarkan. Memang idealnya, untuk mengelola sebuah bisnis online secara professional kita tidak menggunakan media gratisan, alokasi sedikit uang untuk membeli domain adalah cara terbaik untuk menjadikan bisnis anda lebih professional. Analogi sederhananya adalah, kebanyakan pengunjung dan penyedia iklan di jagat maya lebih tertarik pada orang yang berjualan di tokonya sendiri ketimbang orang yang berjualan dengan numpang di toko orang lain, bukankan www.blog-gue.com lebih terkesan professional dan menarik ketimbang www.blog-gue.blogspot.com yang kita buat di www.blogger.com. Tentu saja itu bukanlah pertimbangan utama yang menentukan sebuah situs/blog dapat memilik traffic bagus atau tidak, hal utama yang paling menentukan adalah keyword/kata kunci yang mempunyai nilai jual dan banyak dicari orang, content dari blog/situs itu sendiri, update content serta pemilihan strategi marketing yang tepat. Anda dapat melakukan itu semua seiring bertambahnya kemampuan anda dalam ber-blogging-ria, sama halnya seperti saya yang masih terus belajar mengasah kemampuan menuju blogger professional. Ingat prinsip ekonomi “meminimalisir sumber daya yang dikeluarkan untuk memperoleh keuntungan maksimal”.

Kembali ke topik awal pembahasan kita tentang bagaimana menjadikan blog sebagai wahana memperoleh penghasilan dari internet, dibawah ini ada sedikit contoh siapa saja para blogger dan web owner yang telah kaya dari dunia maya lewat blog.

  1. Nick Deton : pengelola Gawker Media, meraup ribuan dollar dengan hanya menyewakan ruang iklan diblognya.
  2. Joel Comm menghasilkan rata-rata $500 perhari dari program Google Adsense, itu belum termasuk penjualan e-book-nya ‘Adsense Secrets’.
  3. Ken Calhaun dg Daytrading University menghasilkan $300.000/th.
  4. Robert Clark dg web investigasinya meraup $250.000/th
  5. Dari Indonesia ada Cosa, Ujang dan Pogung yang berpenghasilan rata-rata $5000-10000/perbulan (di kupas oleh koran Tempo Edisi 5 Oktober 2007 dengan judul Meraup Dolar di Dunia Maya).

Ok! Setelah mereview sedikit tentang blog dan perkembangan terkini di dunia internet, ada baiknya kita langsung segera memulai langkah pertama earning money from the internet by blogging.

Step I: Make my First Blog

Seperti saya singgung sedikit diatas, banyak sekali layanan blog generator gratis di internet, anda mungkin sudah cukup familiar dengan nama-nama seperti wordpress, blogger/blogspot, multiply, blogsome dll. Beragam pilihan yang ditawarkan menuntut kita sedikit jeli dalam memilih, yang harus dilakukan adalah menentukan layanan pencipta blog yang sesuai dengan kapabilitas anda dan apa yang anda inginkan, tentu saja tetap mempertimbangkan beberapa criteria sebagai berikut:

  1. Tentukan apakah anda ingin menggunakan layanan gratis/berbayar (asumsi saya anda akan memilih layanan blog generator gratis, karena pertimbangan prinsip ekonomi yang saya kemukakan diawal).
  2. Popularitas penyedia layanan.
  3. kemudahan pengelolaan (mengingat anda masih pemula dalam dunia blogging / newbe).
  4. Flexibilitas desain tema dan ketersediaan pilihan tema tampilan (template).
  5. Sesuaikan dengan kepentingan bisnis anda nantinya (akan dijelaskan lebih lanjut pada pembahasan selanjutnya).

Berdasar pada asumsi ini adalah online business pertama anda yang berarti anda masih pemula, maka saya merekomendasikan satu penyedia layanan blog gratisan yang patut anda pilih, yaitu www.blogger.com. Mengapa? Karena diantara beragam penyedia layanan blog gratis popular seperti wordpress, blogsome, dan multiply hanya blogger yang paling memenuhi semua criteria diatas. Berikut beberapa pertimbangan yang saya gunakan untuk memilih layanan ini dan merekomendasikan kepada anda:

  • Blogger.com mudah dalam pengelolaan (user friendly) bahkan bagi anda yang belum menguasai bahasa HTML dan CSS sekalipun serta banyak sekali pilihan template yang ditawarkan. Hal ini sangat berarti karena anda menggunakan resource gratis yang artinya akan banyak sekali orang yang menggunakan, sehingga penyajian informasi dengan tampilan (template) yang unik dan menarik sangat membantu anda untuk bersaing dengan blogger lainya.
  • Popular blogger dijagat maya, sudah tak terbantahkan lagi, saya yakin anda sudah sering menemui blog-blog yang beralamat www.xxx.blogspot.com di internet. Mengapa popularitas penting? Karena layanan blog yang anda gunakan adalah gratis, jadi logika sederhana anda numpang jualan di sebuah toko atau mall yang cukup credible dan ini sangat erat kaitanya dengan kesempatan untuk menjalin networking dan mengembangkan komunitas dengan blogger lainya. Tapi ingat hal ini hanya berlaku untuk membantu first impression anda saja sehingga kelihatan professional karena disupport layanan yang credible. Mengapa? Harap selalu diingat bahwa tingkat kepopuleran sebuah blog tergantung bagaimana anda mengelolanya, apakah content anda punya nilai jual tinggi dan disajikan dalam (packaging/template) yang bagus, sehingga pembaca betah dan selalu kembali keblog anda untuk mencari informasi yang dibutuhkan? Strategi marketing yang tepat, informasi selalu terupdate, dll. Membangun sebuah online business sama halnya dengan kita membangun bisnis didunia nyata, dibutuhkan komitmen untuk mau bekerja keras dan smart working tentunya.
  • Berkaitan dengan criteria no 5, blogger sangat erat hubunganya dengan salah satu program pendulang dolar kelas wahid Google Adsense, karena blogger sendiri telah diakuisisi oleh Google pada tahun 2003 sehingga Google pasti akan selalu mengembangkan kemampuan blogger untuk mensupport Google Adsense.

Setelah memahami penjelasan diatas, langkah berikutnya adalah anda memulai bisnis online anda dengan membuat sebuah blog dengan memanfaatkan layanan blog generator www.blogger.com.

Saya berasumsi anda tidak akan menemui kesulitan berarti dalam proses registrasi di blogger.com karena wizard/panduan yang diberikan sudah sangat jelas. Bahkan anda dapat dapat langsung login ke blogger jika anda telah memilik email account di gmail. Anda juga dapat memilih tampilan berbahasa Indonesia jika anda memiliki kesulitan dalam bahasa inggris dalam proses registrasi, namun saran saya segera tingkatkan kemampuan anda dalan bahasa inggris karena banyak program pendulang dolar yang mensyaratkan isi/content berbahasa inggris untuk dapat bergabung di program bisnis mereka.

Dengan asumsi kemudahan dalam proses registrasi di blogger, saya tidak akan menjelaskan secara detail dalam artikel ini, namun jika anda mengalami kesulitan dalam proses registrasi silahkan hubungi saya, insyaallah saya akan membantu anda semampunya. Selanjutnya silahkan click link dibawah ini untuk menuju tahapan-tahapan berikutnya dalam proses menghasilkan uang dari internet lewat blogging!

Step II: Choosing the Right Online Business Program (Coming Soon)

Step III: Get Close with Google Adsense Program (Coming Soon)

Step IV: Optimize Your Adsense (Coming Soon)

Step V: Increase Earnings with Adbrite, Text-Link-Ads and Amazon Affiliates (Coming Soon)

Step VI: Marketing Your Blog (Coming Soon)

@ Gambar diambil dari:

http://reconstruction.eserver.org

http://boisee.com


0 Responses to "How to Earn Money from the Internet by Blogging?"

Post a Comment