Please Read This!

Thnx for visiting my blog, mohon maaf kalau disana-sini masih terdapat kekurangan. Dan untuk memperbaiki blog ini kedepanya, maka saya memindahkanya ke alamat baru di www.al-mansur.info, saran dan kritikan konstruktif sangat saya nantikan demi kebaikan kedepan. Thnx and happy blogging! www.al-mansur.info

The Miracle of Woman!

  • Doa perempuan lebih makbul daripada lelaki karena sifat penyayangnya yang lebih kuat daripada lelaki. Ketika ditanya kepada Rasulullah akan hal tersebut, jawab baginda, "Ibu lebih penyayang daripada bapak dan doa orang yang penyayang tidak akan sia-sia".
  • Apabila seseorang perempuan mengandung janin dalam rahimnya, maka beristighfarlah para malaikat untuknya. Allah mencatatkan baginya setiap hari dengan 1.000 kebajikan dan menghapuskan darinya 1.000 kejahatan.
  • Apabila seseorang perempuan mulai sakit hendak bersalin, maka Allah mencatatkan baginya pahala orang yang berjihad pada jalan Allah.
  • Apabila seseorang perempuan melahirkan anak, keluarlah dia dari dosa-dosa seperti keadaan ibunya melahirkannya.
  • Apabila telah lahir anak lalu disusui, maka bagi ibu itu setiap satu tegukan daripada susunya diberi satu kebajikan.
  • Apabila semalaman ibu tidak tidur dan memelihara anaknya yang sakit, maka Allah memberinya pahala seperti memerdekakan 70 hamba dengan ikhlas untuk membela agama Allah. Barangsiapa yang menggembirakan anak perempuannya, derajatnya seumpama orang yang sentiasa menangis karena takut akan Allah dan orang yang takut akan Allah, akan diharamkan api neraka ke atas tubuhnya.
  • Barangsiapa membawa hadiah, (barang makanan dari pasar ke rumah lalu diberikan kepada keluarganya, maka pahalanya seperti bersedekah. Hendaklah mendahulukan anak perempuan daripada anak lelaki. Maka barangsiapa yang menyukakan anak perempuan seolah-olah dia memerdekakan anak Nabi Ismail.
  • Tiap perempuan yang menolong suaminya dalam urusan agama, maka Allah memasukkan dia ke dalam syurga lebih dahulu daripada suaminya (10.000 tahun).
  • Perempuan apabila sembahyang lima waktu, puasa bulan Ramadhan, memelihara kehormatannya serta taat akan suaminya, masuklah dia dari pintu syurga mana saja yang dikehendaki. Wanita yang solehah (baik) itu lebih baik daripada 1.000 lelaki yang soleh.
  • Aisyah berkata, "Aku bertanya kepada Rasulullah, siapakah yang lebih besar haknya terhadap wanita? Jawab Rasulullah, "Suaminya. "Siapa pula yang berhak terhadap lelaki?" Jawab Rasulullah, "Ibunya".
  • Apabila memanggil akan engkau dua orang ibu bapakmu, maka jawablah panggilan ibumu dahulu. Wanita yang taat akan suaminya, semua ikan-ikan di laut, burung diudara, malaikat di langit, matahari dan bulan semua beristighfar baginya selama dia taat kepada suami serta menjaga sembahyang dan puasanya.
  • Wanita yang taat berkhidmat kepada suaminya akan tertutup pintu-pintu neraka dan terbuka pintu-pintu syurga. Masuklah dari mana-mana pintu yang dia kehendaki dengan tidak dihisab.
  • Syurga itu di bawah tapak kaki ibu.
  • Wanita yang tinggal bersama anak-anaknya akan tinggal bersama aku Nabi SAW) di dalam syurga.
  • Barangsiapa mempunyai tiga anak perempuan atau tiga saudara perempuan atau dua anak perempuan atau dua saudara perempuan lalu dia bersikap ihsan dalam pergaulan dengan mereka dan mendidik mereka dengan penuh rasa takwa serta bertanggungjawab, maka baginya syurga. Dari Aisyah r.a., Barangsiapa yang diuji dengan sesuatu daripada anak-anak perempuan lalu dia berbuat baik kepada mereka, maka mereka akan menjadi penghalang baginya daripada api neraka.

MEREDAM BAHAYA HOT DAN DIRTY MONEY

MEREDAM BAHAYA HOT DAN DIRTY MONEY


Prof. Roy Sembel, Ph.D
Dekan FE Universitas Multimedia Nusantara


Hot money atau uang panas jangka pendek yang dengan mudah dan cepatnya keluar masuk melintasi batas negara telah menunjukkan sisi gelapnya dalam beberapa minggu terakhir ini. Sebelumnya Hot money dipuja sebagai primadona karena bisa secara signifikan mengangkat nilai surat berharga di pasar finansial. Volatilitas atau gejolak yang ditimbulkan dalam jangka pendek ternyata luar biasa besarnya.

Gejolak yang terjadi pada Indeks Harga Saham Gabungan dan kurs Dollar AS terhadap Rupiah mencerminkan dampak negatif tersebut. Telah banyak tulisan atau opini tentang bahaya dari hot money pada umumnya. Dalam artikel ini, penulis terutama akan membahas sisi lain yang tersembunyi dari bahaya hot money, yaitu dirty money.

Dirty Money membonceng Hot Money

Selain dampak negatif meningkatkan volatilitas, hot money ternyata menyimpan potensi bahaya yang lebih terselubung, yaitu fenomena dirty money yang diam-diam membonceng aliran hot money. Dirty money berasal dari uang-uang `haram' yang berusaha kembali dengan berbagai cara agar terlihat bersih dan legal. Fenomena ini adalah bagian dari modus pencucian uang (Money Laundering).

Dampak negatif dari dirty money yang membonceng hot money mungkin justru lebih berbahaya. Dirty money mendorong moral hazard yang merusak tatanan budaya etos kerja masyarakat dalam jangka panjang. Menurut George Akerloff (Pemenang Nobel Ekonomi), fenomema bad money drives out good money dikategorikan sebagai Adverse Selection. Bahaya adverse selection akan semakin nyata dan meningkat secara eksponensial dengan semakin meningkatnya proporsi `bad money'. Alhasil, akan terjadi efek domino atau bola salju yang menghancurkan sisi baik dari mekanisme pasar. Oleh karena itu, sebelum bola salju mulai terbentuk, perlu segera dicegah dan dihentikan.

Dirty money bisa berasal dari berbagai sumber berbahaya seperti: Korupsi, kejahatan perbankan, teroris, narkoba, pembalakan liar, penyelundupan, penipuan investasi, dll. Tindak kriminal seperti itu jelas perlu dilawan dan dipotong mata rantai dananya agar insentif untuk melakukan tindakan tersebut bisa dikurangi dan hukum terhadap tindakan tersebut bisa ditegakkan secara lebih efektif.

Program pencegahan dan deteksi pencucian uang di Indonesia memang telah mulai digalakkan sejak beberapa tahun yang lalu. Telah ada lembaga khusus yang dibentuk untuk menangani hal tersebut, yaitu PPATK. Sudah ada beberapa hasil positif seperti terdorongnya pelaksanaan KYC (Know Your Customer) dan AML (Anti Money Laundering) di sektor perbankan, serta terealisasinya pelaporan transaksi mencurigakan. Hasil positif ini perlu diapresiasi namun masih banyak pekerjaan yang perlu direalisasikan agar pencegahan pencucian uang bisa berjalan efektif dan berkelanjutan. Langkah pertama yang perlu dilakukan adalah melakukan sosialisasi gencar dan berkelanjutan tentang dampak negatif dari dirty money. Dengan semakin banyak pihak yang sadar akan dampak negatifnya dan perlunya tindakan untuk meredam/mencegahnya, akan semakin besar pula dukungan dari segenap lapisan masyarakat (bisnis, LSM, lembaga pemerintah, dll) yang memang sangat diperlukan.

Kedua, perlunya pemberdayaan lebih lanjut terhadap lembaga seperti PPATK untuk mencakup transaksi di sektor real. Deteksi melalui lembaga perbankan saja tidak cukup. Ada banyak modus transaksi lain, khususnya di sektor real, yang bisa ditunggangi oleh para pencuci uang. Dengan pertimbangan efisiensi, para pencuci uang umumnya menunggangi transaksi barang yang bernilai tinggi, seperti properti (kelas atas), mobil (mewah), perhiasan, dll. Untuk mendeteksi dirty money yang disalurkan lewat jalur itu, PPATK tentu tidak bisa bekerja sendiri. Pihak yang terkait dalam proses transaksi seperti itu, misalnya notaris, penasehat investasi, akuntan, penasehat hukum, dll, sudah selayaknya diajak bekerjasama untuk melaporkan transaksi yang mencurigakan.

Ketiga, dan ini yang biasanya menjadi kelemahan di Indonesia, yaitu payung hukum / peraturan / undang-undang, dan pelaksanaan atau penegakannya (enforcement) . Tanpa ada payung hukum yang jelas, sulit diharapkan kerjasama dari pihak yang perlu diajak bekerjasama untuk melaporkan transaksi mencurigakan. Untungnya, beberapa waktu lalu telah dimulai inisiatif untuk membuat payung hukumnya, yaitu lewat RUU Tindak Pidana Pencucian Uang (TPPU). Yang menjadi pertanyaan adalah sudah sampai sejauh mana RUU TPPU itu ditindaklanjuti. Kita tidak ingin kelompok berkepentingan (negatif) secara diam-diam memblokir RUU TPPU ini sehingga mereka bisa tetap leluasa menjalankan aktivitas pencucian uangnya, terutama melalui transaksi di sektor riil.

Selanjutnya, langkah pencegahan dan peredaman pencucian uang juga perlu disinkronkan dengan tindakan pengamanan terhadap hot money. Pasalnya, aliran hot money bisa menjadi kamuflase yang strategis bagi aliran dirty money masuk kembali ke Indonesia. Penelusuran tindak kejahatan lewat aliran uangnya (follow the money) bisa menjadi alternatif atau pun pelengkap yang sangat efektif bagi metode follow the criminal yang secara tradisional dilakukan oleh para penegak hukum.

Pada lataran yang lebih makro dan global, inisiatif meredam dirty money perlu dipergencar sehubungan dengan akan dievaluasinya Indonesia oleh Financial Action Task Force (FATF) pada kuartal keempat tahun 2007. Kita perlu menunjukkan kepada dunia internasional bahwa Indonesia serius dalam mendukung perang terhadap uang-uang haram yang berkeliaran lintas negara. Kita tidak ingin dituding sebagai mata rantai lemah di dunia internasional dalam perang terhadap dirty money. Di sisi lain, pelaksanaan perang terhadap hot and dirty money harus memperhatikan aspek pragmatis bisnis. Sangat kontra produktif apabila inisiatif bagus memerangi hot and dirty money menyebabkan ketakutan berlebihan yang menyebabkan paralisis bisnis di sektor finansial maupun real. Persiapan UU TPPU dan peraturan pelaksananya perlu berkonsultasi dengan para pelaku bisnis dan industri terkait.

Sekali lagi, masalah sosialisasi sebelum dan pasca terbitnya payung hukum perlu dipergencar dan dilaksanakan secara berkelanjutan. Globalisasi adalah kenyataan yang tidak bisa dilawan. Kendati begitu, kita bisa berusaha mengurangi dampak negatifnya dan meningkatkan dampak positifnya.

  1. Hot + Dirty Money = Volatilitas + Demoralitas.
  2. Cool + Clean Money = Peningkatan kesejahteraan berkelanjutan.

Arahkan hot money agar menjadi investasi jangka panjang di sektor real, namun cegah tersusupnya dirty money. Dukung terciptanya lingkungan masyarakat yang mendorong etos kerja produktif dan bersih.

Passion Game Test!

Tes yuuk........ .........




D ibawah ini ada empat ( 4 ) pertanyaan dan satu pertanyaan bonus. Jawablah semua tanpa banyak pikir. Cuma boleh berpikir sedetik, jawab segera. OK?

Ayo cari tahu, seberapa pintar anda...
.

Siap? GO!!! (gulung layar)











Pertanyaan pertama:


Anda ikut berlomba. Anda menyalip orang di posisi nomor dua. Sekarang posisi anda nomor berapa?




~~~~~~~~~~~~ ~~~~~~~~~ ~~~~~~~~~ ~~~~~~~~~ ~~~~~~~~~ ~~~~~~~~~ ~~~~~~~





Jawaban:
Jika anda menjawab Nomor Satu, anda SALAH BESAR! Jika anda menyalip orang nomor dua, sekarang andalah yang ada di posisi nomor dua!

Jangan ngaco lagi, ya?.
Sekarang jawab pertanyaan kedua,
tapi jangan berpikir lebih banyak daripada ketika menjawab pertanyaan pertama tadi, OK
?

Pertanyaan Kedua:

J
ika anda menyalip orang di posisi terakhir, sekarang anda di posisi...?
(gulung layar)
















~~~~~~~~~~~~ ~~~~~~~~~ ~~~~~~~~~ ~~~~~~~~~ ~~~~~~~~~ ~~~~~~~~~ ~~~~~~~





Jawaban:
Jika anda menjawab anda orang kedua dari terakhir, anda SALAH LAGI... Coba, bagaimana caranya menyalip orang TERAKHIR?


Anda sebetulnya tidak terlalu pintar, '
kan ?





Pertanyaan ketiga:

H
itung-hitungan yang pelik! Catatan: kerjakan di pikiran anda saja.
JANGAN gunakan kertas atau pensil atau kalkulator. Cobalah.




Ambil 1000 dan tambahkan 40 padanya. Sekarang tambahkan 1000 lagi. Sekarang tambahkan 30 . !
Tambahkan
1000 lagi. Sekarang tambahkan 20. Sekarang tambahkan 1000
Sekarang tambahkan
10 . Berapa totalnya?


gulung layar.....










~~~~~~~~~~~~ ~~~~~~~~~ ~~~~~~~~~ ~~~~~~~~~ ~~~~~~~~~ ~~~~~~~~~ ~~~~~~~



Apakah hasilnya
5000 ?

Jawaban yang benar adalah 4100.




Kalau tidak percaya, cek dengan kalkulator!
Hari apes, '
kan ?
Mungkin di pertanyaan terakhir anda bisa benar...
....Mungkin.




Pertanyaan keempat:


Ayah Mary punya
lima andak: 1. Nana, 2. Nene, 3. Nini,
4. Nono. Siapa nama anak kelima?








~~~~~~~~~~~~ ~~~~~~~~~ ~~~~~~~~~ ~~~~~~~~~ ~~~~~~~~~ ~~~~~~~~~ ~~~~~~~


Apa anda menjawab
Nunu?
BUKAN!
Tentu saja bukan.
Anak kelima namanya
Mary. Baca lagi pertanyaannya!



Okay, sekarang ronde bonus:


SEORANG
bisu pergi ke toko dan ingin membeli sikat gigi. Dengan menirukan orang menggosok gigi, ia berhasil menyampaikan keinginannya pada penjaga toko dan ia berhasil membeli sikat gigi...
Berikutnya, seorang buta masuk ke toko itu dan ingin membeli kacamata hitam, bagaimana DIA menunjukkan keinginannya?










~~~~~~~~~~~~ ~~~~~~~~~ ~~~~~~~~~ ~~~~~~~~~ ~~~~~~~~~ ~~~~~~~~~ ~~~~~~~




Langsung aja ngomong, dia
kan gak bisu...











KIRIM TES INI UNTUK MEMBUAT FRUSTASI
ORANG-ORANG PINTAR YANG ANDA KENAL!